Tentang Bisnis

Resep Makanan Khas Belanda yang Terkenal

Resep Makanan Khas Belanda yang Terkenal

Resep Makanan Khas Belanda

Resep makanan khas Belanda yang terkenal cukup banyak dan akan kami bahas di artikel ini. Sarapan dan makan siang tradisional cukup sederhana di Belanda. Anda biasanya akan menemukan banyak roti, susu, dan buah, bersama dengan sarapan favorit seperti ontbijtkoek dan beschuit (roti seperti roti gandum). Tentu saja, gambaran umum tentang resep makanan khas Belanda untuk sarapan dan makan siang Belanda perlu menyertakan resep yang bagus untuk roti gandum utuh. Ini adalah favorit kami.

Hagelslag : Resep Makanan Khas Belanda yang Terkenal

  1. Hagelslag

Hagelslag Belanda mengacu pada potongan kecil kembang gula, mirip dengan taburan yang digunakan sebagai topping untuk roti mentega. Makanan khas Belanda ini dimakan saat waktu makan atau sebagai camilan juga sangat populer di kalangan anak-anak dan orang dewasa.

Hagelslag hadir dalam berbagai rasa dan warna tetapi cokelat menjadi yang paling umum. Hagelslag populer di Belanda dan Belgia, juga di bekas koloni Belanda di Suriname dan Antillen Belanda, serta di Indonesia. Hagelslag cokelat juga disebut chocoladehagelslag (hagelslag cokelat), sedangkan di Belgia disebut muisjes atau muizenstrontjes.

Fakta mengatakan bahwa hagelslag adalah berasal dari Amsterdam yang dibuat oleh pembuat permen B.E. Dieperink. Dia merupakan direktur perusahaan yang sekarang bernama Venz. Dicerita pada suatu hari di tahun 1919 ketika hujan es B.E. Dieperink datang dengan jenis pertama butiran renyah rasa adas manis dan menamakannya hagelslag yang berarti badai hujan es dalam bahasa Belanda. Hal itu sukses besar secara komersial.‚Äč

Ketika tahun 1928 perusahaan permen lain bernama De Ruijter telah menciptakan hagelslag versi perusahaannya sendiri. Selain rasa adas manis, perusahaan itu menawarkan rasa lemon, raspberry dan jeruk. Setelah delapan tahun kemudian, Venz mulai memproduksi cokelat hagelslag secara massal, ia adalah satu-satunya perusahaan yang dapat menggunakan istilah hagelslag; itulah sebabnya hanya “Hagel” yang muncul di kemasan merek taburan cokelat lainnya. Begitu juga dengan De Ruijter mulai membuat jenis cokelat pada tahun 1957.

Perbedaan taburan Amerika dengan hagelslag Belanda

Dalam penampilan hagelslag mirip dengan taburan tetapi hanya di situlah kemiripannya. Supaya cokelat hagelslag disebut chocoladehagelslag, itu setidaknya harus mengandung 32 persen kakao dan di sisi lain, taburan cokelat Amerika terbuat dari kakao yang sangat sedikit dan sebagian besar terdiri dari gula, sirup jagung dan lesitin, juga lilin carnauba.

Hagelslag cokelat juga tersedia dalam berbagai rasa; antara lain susu, dark chocolate, extra dark chocolate, dan campuran dark dengan white chocolate. Salah satu perbedaan utama dari taburan dengan hagelslag adalah cara menikmatinya. Taburan dari Amerika hanya digunakan dalam makanan penutup sedangkan hagelslag Belanda paling sering dimakan saat waktu makan atau sebagai camilan.

Hagelslag hadir dalam berbagai macam rasa, termasuk adas manis, cokelat dan buah (vruchtenhagel). Hagelslag jenis lain terkadang dibuat untuk liburan dan acara khusus seperti hagelslag berwarna pastel untuk Paskah dan hagelslag oranye untuk Hari Raja atau acara olahraga besar Belanda.

Jenis hagelslag populer lainnya termasuk Blauw en Witte muisjes, bosvruchtenhagel, rimboehagel, hagel ekstra murni, XXL hagel dan yang mengandung lebih sedikit gula.

Penggunaannya

Hagelslag manis ini digunakan sebagai topping pada kue mentega dan sepotong roti panggang bundar yang dipanggang dua kali biasanya dimakan waktu sarapan atau makan siang juga sebagai camilan. Hagelslag adas manis yang hadir dalam warna merah muda dan biru (warna yang sesuai dengan jenis kelamin) lalu disajikan kepada tamu yang mengunjungi bayi merupakan tradisi Belanda.

Menggunakan hagelslag Belanda untuk dimakan

Cara sederhana untuk menyiapkan hagelslag untuk dimakan dan yang dibutuhkan hanyalah roti, mentega serta pilihan rasa hagelslag. Agar menjadi pengalaman seotentik mungkin Anda dapat menggunakan sepotong roti tebal pedesaan Belanda, ini adalah yang terbaik bersama dengan beberapa mentega Eropa. Kebanyakan orang Belanda dikenal menikmati hagelslag dengan cara langsung menuangkannya ke mulut mereka. Tetapi hagelslag dapat digunakan mirip dengan taburan untuk dimakan di makanan penutup.

Hagelslag memiliki rasa yang unik karena hagelslag memiliki persentase kakao yang besar, rasanya seperti cokelat. Jenis rasa buahnya ringan, manis dan memiliki rasa buah. Sedangkan biji adas manis berasa licorice.

Jika Anda ingin membeli hagelslag dengan mudah, Anda dapat mencarinya secara online dari Amazon dan pengecer lainnya. Jenis lainnya juga dapat ditemukan di pasar makanan Eropa dengan label yang ditulis dalam bahasa Belanda; cokelat susu adalah melk, puur adalah cokelat hitam dan jenis rasa buah akan ditulis vruchten, dijual dalam kotak kertas kecil atau wadah plastik.

Cara menyimpannya

Hagelslag disimpan di tempat yang sejuk dan kering karena cokelat bisa meleleh jika terkena panas, maka simpanlah di lemari es jika dapur Anda cenderung panas. Ingat selalu untuk perhatikan tanggal kedaluwarsa di bagian bawah kemasan hagelslag.

Roti Gandum Belanda : Resep Makanan Khas Belanda yang Terkenal

Roti Gandum Utuh Belanda (Volkorenbrood)

Inilah resep roti gandum utuh terbaik. Ini murni, jujur dan sehat, tanpa aditif, peningkat roti, atau gula yang ditambahkan. Bahan-bahannya termasuk tepung gandum utuh yang baru digiling (idealnya), air, ragi, garam, dan sedikit minyak zaitun. Resep ini berasal dari Hartog’s, toko roti gandum utuh artisanal di Amsterdam.

Topping roti khas Belanda termasuk keju, selai kacang Belanda (asin), appelstroop, daging dingin, selai, madu, selai cokelat kemiri dan hagelslag (cokelat manis, adas manis atau taburan buah).

Menghasilkan: 1 roti

Beberapa negara memiliki kecintaan yang lebih besar pada roti daripada orang Belanda, yang mengonsumsi lebih dari 138 pon roti per kapita setiap tahun. Konsumen Belanda sering membeli gandum utuh atau roti gandum pada hari kerja, namun untuk yang lebih mewah atau memanjakan pada akhir pekan mereka lebih memilih roti dan kue kering. Faktanya, menurut sebuah penelitian baru-baru ini, tiga perempat penduduk Belanda lebih memilih gandum utuh daripada roti putih.

Volkoren Bakkerij dan Maalderij dari Hartog adalah toko roti kecil di Amsterdam, yang mengkhususkan diri dalam makanan panggang gandum utuh. Statusnya yang hampir seperti pemujaan berarti bahwa banyak orang sering mengantre di sekitar blok di tengah hujan lebat, mereka bersemangat untuk kreasi toko roti yang sehat seperti roti gandum utuh yang bergizi ini. Pemilik toko roti yaitu Fred Tiggelman dengan hormat memberi kami izin untuk membagikan resep ini kepada Anda. Roti ini memiliki tekstur yang padat juga hangat dan ini yang membuatnya ideal untuk sarapan favorit khas Belanda, uitsmijter.

Bahan-bahan

  • 4 cangkir (500 gram) tepung gandum utuh
  • 2/3 sendok makan (10 gram) garam
  • 1 1/5 cangkir (300 mililiter) air dingin, ditambah 1/2 cangkir (100 mililiter) jika diperlukan
  • 1 1/2 sendok makan (20 gram) ragi hidup
  • 2 sendok makan minyak zaitun

Langkah-Langkah Membuatnya

Ukur tepung dan garam kemudian campur menjadi tumpukan di atas permukaan yang rata dan bersih. Larutkan ragi segar dalam air dengan menggosok ragi antara ibu jari dan jari telunjuk sampai benar-benar larut.

Tambahkan air. Cukup tambahkan sedikit pada awalnya lalu tambahkan sisanya. Dengan menggunakan ujung jari Anda, mulailah menggabungkan tepi bagian dalam tepung dengan air dan menaikkan tempo Anda terus mengaduk sampai Anda memiliki adonan yang tercampur rata.

Sekarang mulailah menguleni adonan, dorong menjauh dari Anda dengan bola tangan Anda dan gunakan jari-jari Anda untuk membawanya kembali ke arah Anda. Cobalah untuk menjaga tempo yang baik di sini, menguleni dengan tangan atau menggunakan mixer dengan lampiran pengait adonan, tambahkan hingga 1/2 cangkir air tambahan, sesuai kebutuhan. Pastikan adonan basah tapi tidak encer.

Setelah 15 menit menguleni, adonan akan terasa basah dan kenyal (berspons), tetapi tidak lengket. Jika Anda meregangkan adonan menjadi bola, Anda seharusnya tidak dapat melihat retakan di permukaan dan Anda seharusnya dapat meregangkannya (ini berarti gluten telah diaktifkan).

Bentuk bola dengan adonan dan bungkus dengan handuk teh (bersih) yang hangat dan lembab. Biarkan selama 30 hingga 45 menit pada suhu kamar. Adonan akan bertambah sekitar 1/3 volumenya. Keluarkan serbet, pukul adonan dengan kepalan tangan lalu bentuk kembali menjadi bola, bungkus dengan serbet dan biarkan mengembang lagi selama 30 hingga 45 menit.

Olesi loyang roti dengan minyak zaitun. Basahi permukaan kerja dengan sedikit air. Keluarkan handuk teh dari adonan dan tekan adonan rata ke permukaan kerja yang basah. Bentuk adonan menjadi bentuk seperti sosis dengan tangan Anda, sehingga kira-kira sama panjangnya dengan loyang roti dan masukkan ke dalam loyang roti.

Tutup loyang roti dengan handuk teh lembab hangat dan biarkan roti mengembang selama 30 menit lagi, atau sampai volumenya meningkat 1/3. Kemudian panaskan oven hingga 428 F (220 C). Setelah itu, kurangi suhu menjadi 392 F (200 C) dan masukkan roti ke dalam oven. Panggang selama 35 hingga 40 menit.

Keluarkan roti dari loyang. Jika Anda mengetuk roti panggang, itu akan terdengar hampa. Jika tidak, kembali ke oven dan panggang sedikit lebih lama. Biarkan dingin di rak pendingin kawat. Itulah salah satu resep makanan khas Belanda yang bisa Anda praktekkan di rumah.

tentangbisnis

Comments are closed.